KoPi

Kopi..cam sedap je kalau dengar... errmmhh.. terliur, tapi tu pada pengemarnyalah..... Saya sangat gemar minum kopi. Kalau rakan-rakan tanya ada tak milo, oat, atau apa-apa, jawapan saya sudah pasti ''takde laaa," almaklumlah saya sangat gemar minum kopi.... Masa duduk asrama dulu, minuman rutin saya kopi mix kacip fatimah tu... fuhhhh, lega sangat tekak ni dapat kopi, segar biji mata....
Tapi peliklah ramai yang cakap kopi tu tak baik untuk kesihatan, nak-nak perempuan.. Ada pula yang kata minum air kopi ni bagus untuk kesihatan, boleh elakkan atau sembuhkan penyakit barah la, itu la, inilah...


Disebabkan persoalan inilah yang mendorong saya untuk mengetahui khasiat kopi ni.
Kopi adalah antara minuman yang paling sihat di dunia... Kenapa ya???
Apakah Kopi Itu Tidak Sihat?

Sebab... 

Penelitian yang ada saat ini membuktikan bahwa peminum kopi antara 2-3 gelas sehari akan mendapat berbagai manfaat antara lain:
  1. Penurunan kejadian kanser:
    ● kanser rongga mulut turun hingga 40%
    ● kanser usus besar hingga 25%
    ● kanser prostat
    ● kanser kulit
  2. Penurunan kejadian sirosis hati hingga 80% (walau ini masih diperdebatkan)
  3. Penurunan kejadian diebetes mellitus /kencing manis hingga 50%
  4. Penurunan kejadian demensia Alzheimer (kepikunan) hingga 30-40%
  5. Menurunkan kejadian serangan jantung hingga 32%
  6. Sebagai obat migren karena bersifat menahan pelebaran pembuluh darah otak
  7. Menurunkan kejadian batu hempedu karena meningkatkan aliran empedu ke usus
  8. Dan masih banyak khasiat kopi yang lain.
Apa yang membuat kopi memiliki khasiat tersebut? Ini karena banyak campuran senyawa yang memberikan efek protektif dalam campuran kopi.
  • Penelitian di Amerika menunjukkan bahwa secangkir kopi memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi dari jus cranberry, teh, dan coklat.
  • Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki efek stimulan dan hal ini juga mencegah proses degenerasi pada kepikunan.
  • Polifenol dalam biji kopi mempunyai efek anti radang dan mencegah kejadian serangan jantung, stroke, dan kanker.
Namun apakah semua kopi sama memberikan khasiat tersebut? Jawabannya tidak. Khasiat kopi tidak didapatkan pada kopi instan yang sudah tidak memiliki ampas. Mengapa demikian? Karena pada pemrosesan kopi instan, kulit ampas kopi yang mengandung senyawa di atas terbuang sehingga Anda hanya akan mendapatkan efek kafein saja.
Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda langsung mengambil cangkir kopi. Bagi penderita sakit maag, kopi dapat menimbulkan masalah yaitu rasa nyeri karena peningkatan keasaman lambung. Bagi penderita hipertensi, kafein dapat meningkatkan tekanan darah antara 10-20 mmHg, sehingga harus hati-hati dalam konsumsi kopi. Perlu juga diperhatikan konsumsi gulayang menyertai kopi, bila berlebih tentu memberikan efek tidak baik.
Jadi, jangan takut untuk mengkonsumsi kopi, namun kenali kopi mana yang baik untuk Anda konsumsi.
(Rujukan DennySantoso.com)

Saya ni kalau tak dapat kopi atau paling kurangpun nescafe la an, badan lemau semacam, lembik habis, kadang sampai tumbang lelap terus. Err..saya perasan tu, jadi saya perlu kurangkan pengambilan kopi, sebab kalau minum, malam mesti berjaga, kalau tak minum, pantang pula ada masa lapang mesti lelap... Aiiyyaaa.... hihihi..kadang sampai kena marah dengan kawan.... urrmm, entahlah labu, minum teh kang angin pula badan ni..apo-apo jo lah minah.....hahaha.. :)

Ulasan

Catatan popular daripada blog ini

AYAT LIMA Pendinding Diri

SABAR ITU INDAH

Percaya atau tidak, perbuatan geletek boleh membunuh?